Jumat, 19 Agustus 2011

Migrain saat menstruasi, kenapa yak ??

Sekarang ini nih, ceritanya aku lagi menstruasi. eehh kok malah tiba" kepalaku nyud-nyudan sakiiit banget, tapi cuma sebelah yang kanan aja, orang sih biasanya nyebut MIGRAIN -
Sering denger nih, kalo cewek menstruasi itu memang biasa memicu migrain. hmm karena peanasaran apa hubungannya, akhirnya aku coba" browsing cari tau tentang menstruasi dan migrain.



MIGRAIN merupakan rasa nyeri kepala yang berdenyut yang sering kali disertai dengan rasa mual dan muntah. Penderita biasanya akan sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini hanya merasakan sakit kepala sebelah.

Migrain dapat dibagi menjadi dua golongan besar. Pertama, migrain biasa atau migrain tanpa aura. Kebanyakan penderita migrain masuk ke dalam jenis ini. Gejalanya ditandai dengan rasa nyeri di kepala yang berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai yang berat dan semakin parah pada saat akan beraktivitas. Penderita merasa mual, muntah, sensitif terhadap cahaya matahari, suara, dan bau.

Kedua, migrain klasik atau migrain biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain. Ini merupakan 30 persen dari semua migrain.

Ada pula tipe migrain yang disebabkan oleh haid, yaitu migrain yang terjadi sebelum haid, selama haid, dan sesudah haid. Lalu ada juga migrain komplikasi, yaitu migrain yang disertai dengan gejala gangguan sistem saraf, misalnya rasa geli, kesulitan berbicara, dan ketidakmampuan menggerakkan tangan dan kaki. Tapi pada migrain yang satu ini, gejala syaraf tetap bertahan walaupun migrain telah sembuh.

http://jamaludin.biz/2011/06/faktor-penyebab-migrain/


Perempuan memiliki kecenderungan tiga kali lebih besar untuk terkena migren daripada pria. Perbedaan ini dimulai saat perempuan mencapai pubertas. Enam puluh persen mengalami migren yang terkait dengan siklus haid. Sekitar empat belas persen mengalami migren murni yang terkoordinasi dengan haid. Apakah migren saat haid sepenuhnya terkait dengan estrogen?

Itu berarti seperti mengatakan bahwa migren hanyalah sakit kepala. Kita sekarang tahu bahwa migren benar-benar sangat jauh berbeda dengan sakit kepala biasa.

Migrain yang terkait dengan haid penyebabnya lebih dari estrogen yang berfluktuasi dalam tubuh. Serotonin, prostaglandin, norepinefrin, melatonin, dan tingkat kimia lainnya berfluktuasi dengan siklus haid. Setiap hormon tersebut memainkan peranan di dalam migren terkait haid. Migren haid biasanya dimulai sekitar dua hari sebelum haid terjadi dan dua hari setelah haid berakhir.

http://doktermu.com/Migrain/pertolongan-baru-untuk-mengatasi-migrain-saat-haid.html


-- tuh kan di situ dijelaskan kalo migrain terjadi sebelum, selama, dan sesudah haid.


:. dikutip dari Health.com, Jumat (18/6/2010).

Satu dari 4 penyebab migrain adalah menstruasi.
Bagi kebanyakan perempuan, siklus menstruasi merupakan penyebab utama sakit kepala termasuk migrain. Biasanya serangan itu terjadi saat haid, atau beberapa hari sebelumnya. Anjloknya kadar esterogen pada masa-masa tersebut diduga merupakan pemicu utamanya. Oleh karena itu, hal yang sama juga dialami oleh perempuan menjelang masa menopause.


Bagaimana cara mengetahui migrain menstrual?


Salah satu langkah penting dalam penanganan nyeri kepala migrain adalah mengidentfikasi faktor pencetus serangan. Pada banyak kasus makanan tertentu akan memacu serangan migrain. Konsumsi coklat, keju, ataupun penyedap rasa (MSG) berlebihan dihubungkan dengan munculnya serangan nyeri kepala migrain.

Pada kasus menstrual migrain, maka menstruasi merupakan pencetus serangan migren. Pada tahun 2008 dikembangkan suatu alat ukur berupa kuesioner singkat untuk menentukan suatu migrain menstrual yang disebuat MMAT (Menstrual Migraine Assessment Tools).

Kuesioner ini terdiri dari 3 pertanyaan sebagai berikut :
Apakah nyeri kepala anda berhubungan dengan menstruasi Anda terjadi 2 hari sebelum menstruai sampai dengan hari ketiga menstruasi?
Bila saat menstruasi, apakah nyeri kepala Anda menjadi lebih hebat?
Bila saat menstruasi, apakah cahaya ringan akan jauh lebih mengganggu Anda dibanding saat tidak menstruasi?
Bila pertanyaan 1 jawabannya adalah ya, maka pertanyaan 2 dan 3 baru dijawab. Penelitian Tepper, dkk (2008) pada 250 perempuan menunjukkan bahwa alat ukur sederhana ini mampu mendeteksi migrain menstrual dengan akurat. Jawaban ya pada pertanyaan 1 dan yang lain memiliki sensitivitas sampai dengan 94%.


-- yayyaa,, itu tadi sekilas info tentang migrain pada wanita saat menstruasi. Terus, gmn buat pencegahan dan pengobatannya yak ?

Salah satu langkah penting dalam penanganan migrain adalah mengenali dan menghindari pencetus serangan migrain. Pada kasus migrain menstrual, hal ini sangat sulit dilakukan. Periode menstruasi tidaklah dapat dielakkan, kecuali pada keadaan hamil atau menopause.

Ada beberapa langkah penting yang dapat dilakukan untuk mengurangi frekuensi dan intensitas serangan migrain menstrual dilakukan menjelang menstruasi yaitu:

1. Makanlah dengan seimbang secara teratur.
Hindarilah perut kosong, kadar glukosa darah yang rendah akan memacu serangan nyeri kepala. Hindari pula makan karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Konsumsi makanan manis dalam jumlah banyak akan memicu penurunan gua darah yang sangat cepat 2-3 jam sesudah makan karena terpacunya hormon insulin. Penurunan gula darah yang sangat cepat juga akan memacu migrain.

2. Minumlah yang cukup.
Dehidrasi akan memacu serangan migrain.

3. Tidur yang cukup.
Kekurangan tidur atau terlalu banyak tidur akan memacu serangan migrain.

4. Hindarilah makanan atau minuman yang dapat memicu serangan migrain.
Makanan yang diawetkan, terlalu asin, atau terlalu manis dapat memacu serangan migren. Minuman beralkohol dan bersoda dapat pula memacu serangan migrain.

5. Berolahraga ringan dapat membantu mencegah serangan migren.
Beberapa teknik relaksasi juga dapat membantu mencegah munculnya serangan migren.

6. Gunakan obat anti nyeri.
Apabila serangan migren tetap terjadi dapat diberikan obat anti nyeri sebagai terapi abortif misalnya: parasetamol, asam mefenamat, ataupun ibuprofen.


:. Yaph, itu tadi sekilas info tentang MIGRAIN MENSTRUAL yang dikutip dari beberapa alamat website, semoga bermanfaat bagi kita para ledies. :)

2 komentar:

  1. makasih infonya! aku baru kali ini menstruasi pake migrain biasanya lancar, ehh skarang malah tambah sakit yak?? smangadd buat cewe2 yg lagi mens.. beginilah jadi wanita (:

    BalasHapus